Kamis, 20 Oktober 2011

Tips Merawat Batik

Baju batik dan kain batik yang kita meiliki memerlukan perawatan khusus agar bisa tetap terlihat cantik dan bagus disepanjang waktu. Proses pembuatan batik tulis,khususnya batik tulis madura masih dilakukan dengan cara tradisional tanpa menggunakan bantuan mesin. Semua proses dikerjakan menggunakan tangan, dan canting sebagai alat untuk melukis diatas permukaan kainnya. Jangan kaget jika mendapati batik kita pada saat pencucian pertama sampai ketiga airnya agak kecoklat-coklatan, hal tersebut terjadi karena  terjadi proses pelepasan residu dari proses pewarnaan batik tersebut.  tetapi perlu diketahui proses pelepasan residu itu tidak mempengaruhi kualitas warna batik kita, karena proses tadi bukan merupakan proses pelunturan warna.

Berikut ini perawatan batik yang dapat kita lakukan:
1. Cuci kain batik kita menggunakan shampo rambut atau menggunakan buah lerak (tapi untuk yg satu ini semakin sulit aja kita temukan sekarang ini, tapi jangan kuatir karena di supermarket2 sekarang sudah ada lerak yang dijual dalam kemasan botol).  Bila kita memakai shampo, caranya adlah larutkan cairan shampo hingga tak ada bagian yang mengental, lalu batu kita celupkan kain batik kita.
2. Jangn mencuci  batik menggunakan deterjen, pemutih pakain, softener dan jangan mencuci memakai mesin cuci. Dalam mencuci batik jangan digosok, jika noda di batik kita tidak terlalu kotor maka cukup dicuci dengan air hangat saja, tetapi kalau terkena noda maka cuci batik menggunakan sabun mandi, jika noda masih membandelmaka hilangkan nodanya denegan perasan jeruk pada noda tersebut.
3. Menjemur batik hendaknya tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan cepat memudarnya warna batik kita, sebaiknya cukup diangin anginkan saja dan tidak usah diperas. Biarkan kering secara alami.
4. Jangan menyetrika batik tulis secara langsung, cara menyetrika yang tepat adalah semprotkan sedikit air ke batik kita , lalu letakkan sehelai kain diatasnya baru disetrika. Untuk memberi pewangi yang harus kita lakukan adalah melapisi batik kita dengan koran diatasnya, baru kemudian kita semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain
Sumber
Gudang Informasi

ShoutMix chat widget